A A G
Contact Us

Gegat/ Silverfish (Lepisma saccharina)

DESKRIPSI

Gegat / Silverfish (Ordo Zygentoma) adalah serangga yang lunak dan pipih tanpa sayap dan berukuran sekitar 0,5 hingga 1 inci (12,7 - 25,4 mm). Gegat/Silverfish sesuai dengan namanya, berwarna abu-abu keperakan. Serangga ini memiliki antena panjang dan tiga filamen memanjang lebar dari ujung perut.

silverfish-identification.jpg

MAKANAN

Gegat dianggap hama pengganggu di dalam rumah atau bangunan. Serangga ini memakan hampir semua hal, termasuk daging kering, tepung, kertas, lem, kapas, linen, rayon, sutra, gula, sereal. Mereka dapat mencemari makanan dan menimbulkan kerusakan pada kertas dan tekstil, tetapi sebagian besar dari spesies gegat tidak berbahaya bagi manusia. Di alam, serangga ini akan makan lumut. Bahkan menurut penelitian, Silverfish dapat hidup selama hampir setahun tanpa makanan.

12354279_f520.jpg

HABITAT/PENYEBARAN

Gegat adalah serangga kosmopolitan yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Serangga ini membutuhkan kelembaban untuk bertahan hidup. Di dalam rumah atau bangunan, Gegat biasa ditemukan di loteng, ruang bawah tanah, garasi, kamar mandi, dan area lain dengan suhu yang lebih rendah. Serangga ini menyukai suhu udara yang berkisar antara 21-29 ° C dan kelembaban relatif 70-100%. Hewan ini bahkan kadang ditemukan terjebak di bak mandi atau wastafel. Gegat tidak berpindah dengan berenang melalui air tetapi mereka merayap di sepanjang bagian luar pipa saluran air. Di alam, serangga ini hidup di bawah batu, kulit kayu, di bawah serasah daun, atau di sarang burung, mamalia, dan semut.

pest-guide-silverfish-isolated.jpg

SIKLUS HIDUP

Gegat betina dewasa akan bertelur di celah-celah dan retakan. Dalam sekali bertelur, gegat betina dapat menghasilkan hingga 50 butir telur.Gegat betina biasanya bertelur kurang dari 100 telur selama masa hidupnya. Gegat dapat hidup selama dua hingga delapan tahun.Dalam kondisi ideal, telur menetas dalam dua minggu tetapi bisa memakan waktu hingga dua bulan untuk menetas. Bentuk dari nimfa muda terlihat sangat mirip dengan fase dewasanya, hanya berbeda dari ukurannya yang lebih kecil. Diperlukan waktu beberapa tahun sebelum nimfa tumbuh dewasa dan matang secara seksual. Gegat yang telah matang secara seksual harus segera kawin setiap selesai fase ganti kulit agar dapat menghasilkan telur yang fertil. Jumlah populasi dari gegat tidak bertambah dengan cepat dikarenakan betina menghasilkan telur dalam jumlah yang sedikit dan tingkat perkembangannya yang lambat.

silverfish-life-cycle.jpg

PENGENDALIAN
  1. Menghindari adanya tumpukan kertas bekas, kotak ataupun kardus, buku-buku bekas, dan pakaian bekas yang berpotensi menjadi tempat persembunyian serangga ini.
  2. Penggunaan insektisida dengan efek residual dapat dilakukan untuk membantu mengendalikan hama ini.
  3. Penggunaan alat penghilang kelembababan juga disarankan untuk ruang yang lembab.
  4. Gunakan wadah penyimpanan dengan tutup yang rapat untuk menyimpan bahan-bahan dapur seperti tepung, bumbu masakan, dan beras.

Silverfish_Bug-1296x728-Header-1296x728.jpg

SUMBER

Aak A, Rukke BA, Ottesen PS, Hage M. 2019. Long-tailed Silverfish (Ctenolepisma longicaudata)– biology and control . Oslo: Norwegian Institute of Publ ic Health.

Dellinger TA, Day E. 2017. Silverfish and firebrats. Virginia Cooperative Extension (Ento-261).

Kulma M, Vrabec V, Patoka J, Rettrich F. 2018.The first established population of the invasive si lver f ish Ctenolepisma longicaudata (Escher ich) in the Czech Republ ic. BioInvasions Records.Vol . 7 (3) : 329–333.

Smith GB. 2015. New si lver f ish taxa f rom Queensland (Zygentoma: Lepismatidae) . Records of the Austral ian Museum. Vol. 67(3) : 67–81.

Smith GB, Singham GV, Kuah MK , Lee CY. 201 1 . Two new inquiline Silver fish (Zygentoma:Ateluridae, Lepismatidae) From Malaysia. Sociobiology. Vol . 57( 1 ) : 19-33.


Silverfish Cover.png

Download .pdf

Posted in Pest Control